Home » TRAVEL » 5 Lokasi Tambang Yang Berubah Jadi Destinasi Wisata

5 Lokasi Tambang Yang Berubah Jadi Destinasi Wisata

BACRITKITA.COM – Aktivitas galian tambang pasti memunculkan pro serta kontra. Di satu segi negara mendukung sektor pertambangan sebagai salah satu penghasil devisa negara, tetapi di segi lain, galian tambang dianggap merusak alam.

Meski demikian, berbagai tempat yang “dirusak” aktivitas tambang ini justru berubah menjadi destinasi wisata yang unik.Berikut 5 lokasi tambang yang saat ini berubah wujud menjadi destinasi wisata.

Danau Jayamix, Bogor

Lokasi ini awalnya merupakan galian tambang material batu serta pasir. Saat aktivitas tambang menggali sampai kedalaman 40 meter, ditemukan mata air yang semakin mengalir serta memenuhi galian tambang. Aktivitas tambang pun akhirnya dihentikan, serta kawasan tambang saat ini berubah menjadi destinasi wisata yang dapat dikunjungi siapa pun. Sertaau Jayamix berlokasi di kawasan Rumpin, cocoknya di kampung Nunggaherang, Desa Tegal Lega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Bukit Jaddih, Madura

Berlokasi di Kecamatan Socah, Desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan, destinasi wisata ini awalnya merupakan tambang batu kapur yang aktivitasnya telah berjalan puluhan tahun. Tetapi celah galian tambang yang mengeluarkan mata air semakin menerus membikin aktivitas tambang dihentikan. Semburan mata air ini dengan cara alamiah kemudian membentuk kolam, serta direnovasi pemkab setempat. Pada 2014 bukit ini diresmikan sebagai destinasi wisata yang dibuka untuk umum.

Danau Kaolin, Belitung

Penampakannya sekilas mirip sertaau gunung es yang ada di Islandia, tetapi seusai ditelisik sertaau ini berada di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung. Tak susah mencapai Sertaau kaolin, dari pusat Kota Tanjungpandan Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Sertaau Kaolin adalah bekas tempat pertambangan kaolin yang sudah ditinggalkan perusahaan pencari mineral bumi. Seusai hasil bumi habis digali, air mengisi celah-celah bekas tambang, yang kemudian berubah menjadi sertaau dengan air biru yang menawan. Kaolin sendiri adalah bahan mineral yang biasa dipakai untuk beragam industri, mulai dari kosmetik, kertas, sampai pasta gigi.

Tebing Breksi

Dibalik indahnya Tebing Breksi nyatanya tersimpan cerita kelam aktivitas tambang yang sudah berjalan dari tahun 80-an. Sejak lama tambang material bangunan ini menjadi sumber mata pencaharian warga kurang lebih, sampai ada kajoan yang menemukan fakta bahwa batuan kapur breksi merupakam endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglengeran. Seusai aktivitas tambang dilarang, warga kurang lebih merubah lokasi ini menjadi destinasi wisata, serta diresmikan oleh pemerintah setempat pada Mei 2015.

Brown Canyon, Semarang

Berlokasi jauh dari pusat Kota Semarang, cocoknya di Rowosari, Meteseh, Tembalang, bukit-bukit ini awalnya adalah tambang batu padas yang semakin dikeruk sampai saat ini. Nama “Brown Canyon” sendiri dihubungkan dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Bukit-bukit yang berwarna cokelat menjadikan lokasi ini diberi nama “Brown”. Apabila berkunjung ke tempat ini, Kamu bakal menonton aktivitas tambang yang tetap berjalan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *