Home » UNIK » 6 Kekuatan Super Yang Dimiliki Orang-orang Berpribadi Introvert

6 Kekuatan Super Yang Dimiliki Orang-orang Berpribadi Introvert

BACRITKITA.COM –¬†Orang-orang yang memiliki pribadi ekstrovert umumnya terlihat lebih menarik, cerdas, dan lebih kompeten. Tetapi kamu yang memiliki pribadi introvert jangan minder dulu. Tak sedikit pemilik kepribadian introvert yang sukses jadi orang besar, misalnya Emma Watson, Albert Einstein, Warren Buffet, Audrey Hepburn, dan J.K. Rowling.

Menurut penelitian dari The Quiet Institute dan Scott Barry Kaufman dari University of Pennsylvania, para pemilik kepribadian introvert dikaruniai 6 ‘kekuatan super’ berikut.

Introvert Mempelajari Lebih Banyak Hal

Jika kamu termasuk orang yang menemukan kenyamanan dalam kesendirian, mungkin kamu juga menyadari kalau kamu lebih cepat belajar keterampilan baru daripada teman-temanmu yang ekstrovert.

Penelitian telah menemukan bahwa mahasiswa yang belajar sendiri mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dari waktu ke waktu daripada mereka yang bekerja dalam kelompok. Tak heran, kan, kalau para atlet papan atas, musisi, dan seniman menghabiskan banyak waktu sendirian. Mereka sedang berlatih untuk menyempurnakan keahlian.

Introvert Adalah Pendengar Dan Penjaga Rahasia Yang Baik

Seorang pemilik kepribadian introvert mungkin memang malas mengobrol basa-basi. Itu sama sekali bukan keahlian mereka. Bagi mereka, pembicaraan seperti itu hanya membuat hambatan emosional antar individu semakin terasa. Namun, menurut psikolog Laurie Helgoe, PhD dalam bukunya, Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength, introvert adalah orang yang sangat mudah berempati. Saat mereka mendengarkan curahan hati seseorang, mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh. Saat diminta menjaga rahasia, mereka juga melakukannya dengan sepenuh hati.

Lebih Baik Bersakit-sakit Dahulu,Bersenang-senang Kemudian

Si pribadi introvert sangat bisa diajak hidup prihatin. Saat sedang mengerjakan sesuatu yang perlu dedikasi penuh, mereka tak mudah terpancing untuk berhenti di tengah jalan dan memanjakan diri. Mereka akan terus berusaha dengan keras sampai tujuan benar-benar tercapai. Hal-hal yang butuh disiplin ketat seperti menabung, diet, dan rajin berolahraga merupakan ‘keahlianmu’.

Introvert Juga Berpotensi Jadi Pemimpin

Para peneliti manajemen di Wharton School, University of Pennsylvania menemukan bukti bahwa pemilik pribadi introvert punya potensi besar sebagai pemimpin. Mereka memang tidak bisa menarik perhatian seperti orang-orang ekstrovert, tetapi pemilik kepribadian seperti ini cenderung menerima masukan dari anak buah, membuat mereka merasa dihargai dan pada akhirnya menjadi karyawan yang sangat loyal.

Introvert Lebih Perhatian Terhadap Detail

Penelitian terbaru telah menemukan bukti bahwa mereka yang dengan mudah melihat kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa lebih cenderung memiliki pribadi introvert. Kamu adalahh orang yang sangat teliti dalam berbagai hal.

Introvert Juga Bisa Berpura-pura Jadi Ekstrovert

Siapa bilang si introvert tak bisa jadi orang yang seru? Siapa bilang orang yang suka menyendiri tak bisa ramai? Menurut konsep free trait theory, seorang introvert bisa saja menirukan aspek kepribadian ekstrovert jika dibutuhkan.

Itulah kelebihan-kelebihan istimewa yang hanya dimiliki oleh kamu, si introvert.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *