Home » CULINARY » 7 Kuliner Khas Bengkulu Yang Nikmat Banget,Dijamin Tambah Porsi

7 Kuliner Khas Bengkulu Yang Nikmat Banget,Dijamin Tambah Porsi

BACRITKITA.COM – Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan padma raksasa (rafflesia arnoldii). Selain itu, banyak objek wisata menarik yang akan memanjakanmu.

Selain alamnya, wisata kuliner Bengkulu sangat lezat dan membuatmu tak bisa berhenti makan. Apalagi Bengkulu terkenal akan kuliner khas lautnya.

Gak percaya, kalau Bengkulu punya makanan yang sangat lezat? Yuk, simak ulasan di bawah ini :

  • Ikan Bakar Jingkrak

Kuliner ini wajib banget kamu cicipi saat singgah ke Bengkulu. Menu ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk makan siang.

Sebagai surganya hidangan khas laut, ikan bakar jingkrak memiliki rasa yang gurih. Selain dibakar, bisa juga dimasak dengan bumbu asam manis, rica-rica, saus padang, tauco, bagar, dan lain-lain. Ada banyak pilihan ikannya, seperti kakap, kerapu, kuwe, baronang, dan sebagainya.

Banyak sekali tempat untuk menyantap hidangan ini, salah satunya di Pantai Tepak Paderi. Harganya dibanderol sekitar Rp 50-70 ribu.

  • Bagar Hiu

Bagar merupakan olahan khas Bengkulu layaknya gulai pedas. Spesialnya, tersedia ikan hiu yang siap memanjakan lidahmu.

Hhmmm, seram juga ya? Biasanya daging yang digunakan berasal dari hiu jenis punai atau tanduk yang tidak begitu amis. Walaupun bagar hiu merupakan kuliner khas Bengkulu, tapi relatif sulit untuk ditemukan jika tidak bulan puasa.

Rasanya sungguh nikmat karena hampir semua bumbu digunakan, seperti laos, kunyit, kemiri, serai, ketumbar, dan banyak lainnya. Harganya sangat terjangkau yakni sekitar Rp 10 ribu.

  • Lontong Tunjang

Untuk sarapan, kamu bisa mencoba lontong tunjang yang rasanya sangat nikmat dan kaya rempah-rempah. Tunjang merupakan nama lain daging kikil yang disajikan lengkap beserta kerupuk di atasnya.

Datanglah ke daerah Kapuas Raya untuk menemukan aneka warung yang menjual kuliner khas tersebut. Dengan Rp 10 ribu, kamu bisa merasakan lontong tunjang bersamaan dengan gulainya.

  • Rebung Asam Undak Liling

Kuliner bersantan ini cukup unik, karena terbuat dari rebung atau tunas bambu muda. Teksturnya lunak. Untuk membuatnya, butuh waktu yang sangat lama. Rebung perlu direndam selama beberapa hari.

Setelah itu, rebung diolah menjadi gulai yang dipadukan dengan keong sawah (liling). Adanya ulekan bawang, asam jawa, cabe, tomat membuat rasanya semakin sedap dan gurih.

  • Mie Terbang

Bengkulu juga tak kalah kekinian dengan menghadirkan mie terbang. Makanan kreatif berupa mie tek-tek yang terdapat di sebuah tempat makan milik Salman. Lokasinya berada di Jalan Nusa Indah.

Disajikan dengan telur, potongan timun, tomat, serta kerupuk membuatnya terasa nikmat. Harganya sekitar Rp 15 ribu.

  • Kopi Bengkulu

Pecinta kopi pasti akan sangat senang berkunjung ke Bengkulu. Apalagi Bengkulu termasuk lima besar produsen kopi Nusantara dan terkenal sebagai provinsi di “segitiga emas robusta”.

Primadona kopi Bengkulu yang terkenal berasal dari Gunung Kaba, Kepahiang. Rasa kopinya sangat mantap. Misalnya menggunakan metode french press, rasa kopinya cukup juicy dengan aroma segar yang memikat.

  • Teh Oolong

Selain kopi, Bengkulu juga memliki cita rasa teh yang sungguh nikmat. Daun teh diolah secara semi fermentasi untuk menghasilkan teh oolong. Warna seduhan kuning keemasan dan aromanya sangat khas.

Teh oolong memiliki banyak manfaat. Seperti menurunkan berat badan, menurungkan kolesterol, mencegah plak, dan sebagainya.

Mantap banget gak sih? Buruan catat dalam listmu. Jangan lupakan saat kamu singgah ke Bengkulu!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *