Home » GAYA HIDUP » Kisah Angker Kali Mewek Yang Melegenda.Jangan Rusak Lingkungan Sungai Kalo Nggak Mau Kena Kutukan

Kisah Angker Kali Mewek Yang Melegenda.Jangan Rusak Lingkungan Sungai Kalo Nggak Mau Kena Kutukan

BACRITKITA.COM – Kali Mewek merupakan nama sungai yang berada di sepanjang Kelurahan Polowijen (dulunya dikenal dengan nama Panawijen). Dalam bahasa Indonesia, Kali Mewek merupakan sungai menangis. Konon, kali mewek mulanya merupakan desa asal Ken Dedes, Ratu Kerajaan Singosari yang nanti melahirkan raja-raja di Jawa. Berikut ada berbagai cerita sejarah serta berita bakal kutukan Kali Mewek yang tidak kunjung habis sampai saat ini.

  • Asal Mula Nama Kali Mewek

Cerita rakyat yang berkembang mengenai Kali Mewek ini dimulai dari cerita ketika Ken Dedes sedang mandi di sungai, tetapi tiba-tiba Tunggul Ametung menculiknya serta membawanya ke Akuwu Tumapel (nantinya berubah nama menjadi Singosari). Tragedi itu membikin Ken Dedes menangis meronta-ronta sepanjang perjalanannya ke Akuwu Tumapel. Tunggul Ametung sangat ingin menjadikan Ken Dedes sebagai istrinya, jadi tutorial itu lah satu-satunya yang ia gunakan.

  • Kutukan Mpu Purwa Dimulai

Sebagai seorang ayah, Mpu Purwa merasa sangat geram serta marah atas perbuatan Tunggul Ametung itu. Dengan amarahnya yang lumayan besar, Mpu Purwa mengeluarkan sumpah yang ditujukan untuk Tunggul Ametung serta warga Panawijen yang dianggap hanya diam saja ketika menonton kejadian itu:

“Hai orang yang melarikan anakku, semoga tidak mengenyam kenikmatan, matilah dia dibunuh dengan keris. Demikian juga orang-orang Panawijen, keringlah sumurnya, semoga tidak keluar air dari kolamnya.”

  • Kutukan Yang Masih Berlaku Hingga Saat Ini

Selain kutukan yang Mpu Purwa lontarkan, ia juga meperbuat perintah terhadap makhluk halus penghuni Kali Mewek untuk menghantui siapa saja yang berani mengambil sesuatu dari Kali Mewek. Sesuatu itu juga terhitung hanya batu kecil. Jadi, kalau kalian berani untuk mengambil batu kecil di Kali Mewek, jangan heran apabila kalian didatangi oleh makhluk penunggu Kali Mewek dalam mimpimu.

  • Cara Menghilangkan Kutukan

Meskipun kutukan ini awalnya merupakan ungkapan kemarahan dari Mpu Purwa sebab putrinya diculik, tetapi kutukan ini terbukti tertuju bagi siapa saja yang ingin mengambil sesuatu dari Hari ini. Kutukan ini pasti saja tetap dapat hilang dengan satu cara. Apabila kalian terkena kutukan serta dihantui oleh penunggu Kali Mewek, kalian wajib mengembalikan sesuatu itu ke Kali Mewek di malam hari serta sendirian. Seusai meperbuat faktor tersebut, konon katanya kalian bakal menemukan ketenangan serta leluasa dari gangguan si hantu.

Mitos ini terbukti tetap dipercaya di berbagai keturunan warga orisinil Polowijen. Meskipun yang namanya mitos antara percaya serta tak percaya, tetapi tak ada salahnya apabila kami menontonnya sebagai upaya untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *