Home » TEKNO » Rahasia Kemampuan Ciamik Kamera Google Pixel Akhirnya Terjawab

Rahasia Kemampuan Ciamik Kamera Google Pixel Akhirnya Terjawab

BACRITKITA.COM –┬áSejak rilis tahun lalu, Google Pixel sukses menyedot perhatian publik. Tidak hanya didukung sepenuhnya oleh Google serta dilengkapi spesifikasi mumpuni, performa kamera device itu juga disebut-sebut salah satu yang paling baik saat ini.

Lembaga penguji nilai sensor kamera digital, DXOMark, bahkan menyebut kamera Pixel adalah kamera device paling baik yang sempat dibuat. Lantas sebetulnya apa yang membikin kamera Pixel begitu mumpuni?

Untuk menjawab faktor tersebut, baru-baru ini Google melewati divisi X sudah sudah mengungkap rahasia di balik performa kamera Pixel. Tidak hanya dukungan sensor, software pengolahan foto nyatanya juga memegang peranan besar.

Software pengolahan foto pada Pixel nyatanya warisan Google Glass. Pada 2011, sejumlah insinyur di Google X membentuk suatu tim bernama Gcam.

Tim itu berencana menyematkan kamera pada Google Glass dengan performa yang tidak tidak sama dari device. Tetapi rencana itu terhalang ukuran sensor yang tidak sesuai dengan keperluan Glass.

Semacam diketahui, Glass hadir dengan mengunggulkan mobilitas, jadi dibutuhkan kamera kecil serta ringan. Sementara, sensor kamera yang terlalu kecil membikin kinerja kamera sangat terbatas.

Sebab itu, software pun dipilih sebagai jawaban untuk persoalan tersebut. Solusi software yang ditemukan Gcam lalu diberi nama HDR+. Tutorial kerja software ini sebetulnya mirip dengan HDR yang bisa mengambil berbagai foto sekaligus, lalu menyatukannya.

Awalnya, teknologi dari Gcam dipakai sebagai fitur pada software kamera di Nexus 5 serta Nexus 6. Teknologi itu lalu menjadi modus default pada kamera mutlak pada Pixel , jadi sanggup menghasilkan detail foto lebih baik serta jernih.

Tak berhenti di situ, tim X tetap semakin mengembangkan teknologi Gcam ke bagian selanjutnya. Ketua tim di Google Research Marc Levoy berbicara perkembangan yang mungkin diperbuat adalah memafaatkan machine learning.

Menurut Levoy, pekegunaaanan machine learning membuka lebih tidak sedikit kesempatan untuk menambah performa kamera. Berbagai di antaranya adalah performa untuk menghasilkan white balance lebih baik alias menentukan latar belakang dari suatu foto.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *