Home » TRAVEL » Suka Nuansa Hijau,Raja Salman Bakal Kunjungi Kebun Raya Bogor

Suka Nuansa Hijau,Raja Salman Bakal Kunjungi Kebun Raya Bogor

BACRITKITA.COM – Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Alsaud yang dikenal sebagai penyuka nuansa hijau, bakal diajak Presiden Joko Widodo mengunjungi Istana Bogor. Tidak hanya menuturkan sejumlah acara bilateral, saat di Istana Bogor, Raja Salman juga bakal meperbuat penanaman pohon di area istana.

Cecep Koswara, Staf Protokoler Istana Bogor,berkata, “Terbukti ada acara menanam pohon bersama Presiden Joko Widodo. Tempatnya tetap belum tahu, kemungkinan antara di halaman Istana Bogor alias kurang lebih Kebun Raya Bogor, tentu juga bakal dikawani berbagai pangeran.”

Cecep berharap, Kebun Raya Bogor diinginkan bisa menghibur Raja Salman yang bahagia dengan nuansa sejuk semacam alam hutan. Apalagi kebun botani yang juga dipakai sebagai tempat penelitian serta konservasi ini merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Kota Hujan. Setiap hari, kebun botani yang mempunyai luas 87 hektar dengan koleksi kurang lebih 15 ribu tanaman ini tidak sempat sepi dari kunjungan wisatawan.

Menurut Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar, sampai sekarang pihaknya belum menerima disposisi apakah Kebun Raya Bogor ditutup alias tidak. Ia pun belum bisa memastikan apakah Kebun Raya Bogor bakal tetap menerima wisatawan alias ditutup. Bila akhirnya wajib ditutup, pengelola siap melaksanakan perintah.

Informasinya ada berbagai rombongan, tapi dari pihak Kebun Raya Bogor belum menerima surat resmi untuk disposisi kebun raya. Tapi apapun kelak permintaan dari Istana Negara kami siap, jelas kebanggaan untuk kami apabila indahnya Kebun Raya Bogor terekspose ke Timur Tengah,” ungkap Upun.

Kebun Raya Bogor sendiri mempunyai tidak sedikit spot wisata hijau yang luar biasa. Kebun botani yang telah ada sejak abad ke-19 ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Bogor yang rutin ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Upun lebih jauh berkata, “Berbagai bangunan bersejarah bisa kami temukan di berbagai titik di Kebun Raya Bogor. Di kebun botani ini juga tersedia museum, taman, sertaau buatan, Kebun Raya Bogor itu indah serta bersejarah, di Arab Saudi tidak ada yang semacam ini. Tentu ini bakal sehingga daya tarik tersendiri.”

Berikut berbagai destinasi wisata yang ada di area Kebun Raya Bogor yang bisa dikunjungi.

Danau Gunting

Danau Gunting bisa dengan mudah diakses dari gerbang pintu mutlak Kebun Raya Bogor. Danau buatan ini adalah salah satu tempat yang lumayan hebat untuk dikunjungi meskipun ada berbagai cerita mistis yang mengiringinya.

Di kurang lebih danau ini ada prasasti Georg Karl Reinwardt. Ia adalah pendiri Kebun Raya Bogor. Di kurang lebih Danau Gunting yang pantas dikunjungi adalah Patung Tangan Tuhan dan Patung The Little Mermaid,” kata Upun meningkatkankan.

Museum Zoologi

Museum Zoologi adalah suatu museum yang berkaitan dengan hewan. Di museum ini kami dapat menonton beberapa tipe satwa yang ditahan lamakan. Jumlah spesies yang ditahan lamakan di museum ini mencapai 2.000 jenis.

Salah satu koleksi paling hebat di museum ini adalah suatu kerangka tulang utuh dari makhluk paling besar di dunia yaitu paus biru alias blue whale. Kerangka ini ditempatkan di suatu ruangan tersendiri di dalam museum,” papar Upun.

Pemakanam Belanda Kuno

Pemakaman Belanda Kuno, kuburan yang hebat untuk dikunjungi sebab di sana tersedia berbagai makam yang berjasa kepada perkembangan Kebun Raya Bogor. Salah satu makam yang ada di rumit pemakanan ini merupakan makam Heinrich Kuhl serta JC Van Hasselt.

Taman Teijsman

Di Kebun Raya Bogor juga ada suatu taman yang bernama Taman Teijsman. Nama taman ini diambil dari seorang pakar botani asal Belanda yang ditugaskan mengelola Kebun Raya Bogor oleh Gubernur Jenderal Belanda, Van Den Bosch pada tahun 1830. Di tengah-tengah taman ini ada suatu tugu dengan nama yang sama yakni Tugu Teijsman.

Taman Sujana Kassan

Taman lain di Kebun Raya Bogor yang juga tak kalah hebat untuk dikunjungi merupakan Taman Sujana Kassan. Di tengah-tengah taman ini ada suatu rangkaian bunga yang kalau dilihat dari atas bakal terkesan berbentuk lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda.

Griya Anggrek

Griya Anggrek adalah salah satu tahap dari Kebun Raya Bogor yang dikhususkan untuk bunga anggrek. Ada kurang lebih 500 spesies anggrek yang tersedia di tempat ini. Baik itu anggrek alamiah maupun anggrek hasil silangan. Bangunan Griya Anggrek alias juga tak jarang disebut dengan Taman Anggrek ini berupa rumah kaca. Pemandangan bunga-bunga anggrek yang ada di tempat ini bakal membikin kami betah berlama-lama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *